Senin, 17 Maret 2014

Seputih Buah Bengkuang

Keluarga kami baru saja dikirimi sepeti buah bengkuang dari kerabat yang tinggal di Lembang saya langsung berpikir untuk mengolahnya menjadi pemutih kulit alami. Sudah menjadi pengetahuan umum para wanita bahwa buah bengkuang adalah salah satu resep agar kulit menjadi lebih putih atau paling tidak terlihat lebih segar. Bahkan dulu tante saya hanya memakan bengkuang ketika kami sedang membuat rujak. Beliau bilang rahasia kulitnya yang memang lebih putih dibandingkan ibu saya adalah memakan bengkuang secara rutin. Karena saya belum terlalu mengerti soal kecantikan, dulu saya tidak percaya bahwa kulit seseorang bisa terlihat lebih cerah karena rajin mengonsumsi sesuatu. Bulu kelinci saja tidak ada yang berwarna jingga padahal tiap hari makan wortel.


Seiring bertambahnya usia, akhirnya saya mengerti bahwa buah-buahan memiliki vitamin yang kandungannya baik untuk tubuh dan beberapa di antaranya dapat juga dijadikan sebagai pemutihkulit alami. Dan kembali ke sepeti bengkuang masak yang dikirim langsung dari Lembang, saya segera memilih beberapa butir yang paling masak. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengupas kulitnya dan menggilingnya hingga halus. Buah bengkuang dari Lembang memang berbeda, daging buahnya sangat halus sehingga mudah sekali untuk diolah. Untuk menjadikannya krim lulur, saya mencampur gilingan bengkuang tersebut dengan madu sehingga menjadi lebih kental. Hal selanjutnya yang harus saya lakukan adalah menggunakannya sebelum mandi sore nanti.

Seputih Buah Bengkuang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar