Kamis, 29 Mei 2014

Perawatan Bayi untuk Giginya

cara perawatan bayi
cara merawat gigi bayi
Cara perawatan bayi untuk giginya adalah dengan membantu merangsang pertumbuhan gigi sejak dini. Gigi yang sehat adalah hal penting dalam rangka menunjang kesehatannya untuk saat ini dan masa depan. Gigi ini berperan dalam mengunyah makanan dan mengeluarkan bunyi seperi suara dan kata-kata ketika berbicara. Dan ketika dewasa kelak, pertumbuhan rahang bayi akan mengawali bentuknya saat dewasa.

Umumnya perawatan gigi bayi baru akan muncul pada usia antara 4 hingga 7 bulan, meski pada dasarnya setiap bayi mengalami pertumbuhan gigi yang berbeda-beda.
Pertumbuhan gigi dapat ditandai dengan lebih banyaknya bayi meneteskan air liur dari waktu-waktu sebelumnya. Bayi juga menjadi lebih sering ingin mengunyah sesuatu. Gigi yang pertama kali muncul adalah dua gigi depan di bagian bawah mulut.

Untuk membantu tumbuh gigi bayi kita, maka kita dapat melakukan beberapa hal. Tumbuh gigi memang sedikit menyakitkan bagi bayi dan akan membuat mereka rewel dan tidak nyaman. Namun yang tidak benar adalah jika tumbuh gigi yang menyebabkan demam. Jika hal itu terjadi, kita bisa menghubungi dokter terdekat. Beberapa tips ini dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi, yaitu memberikan bayi kain lap dingin agar terbiasa mengunyah dan mengisap. Gosok juga gusi bayi dengan jari tangan yang bersih, dan menggunakan gel gigi. penggunaan gel gigi ini harus berdasarkan aturan dokter.


cara perawatan bayi untuk giginya tersebut kadang disepelekan padahal pada dasarnya proses ini sama pentingnya dengan perawatan bayi lainnya. Dengan memperhatikan tumbuh kembang giginya kita memastikan bahwa di masa depan kelak, segala proses pencernaannya berjalan dengan lancar dan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar