Minggu, 20 Oktober 2013

Minum Kopi Arab Di Cirebon

Bagi anda yang suka wisata kuliner, sudahkah anda ke Cirebon ? disana ada sebuah minuman khas dengan bahan dasar kopi. Namanya adalah Kopi Arab. Nama Kopi Arab bukan karena kopi ini dibuat dari biji kopi dari arab, tetapi karena kopi ini dibuat oleh keturunan Arab yang datang dan bertempat tinggal di Cirebon.

Kopi Arab memiliki rasa yang hangat saat diminum, sangat pas diminum saat cuaca dingin.  

Rasa hangat ini karena Kopi Arab tidak hanya dibuat dari kopi, tetapi karena dibuat dengan menambahkan rempah-rempah seperti pala, jahe, cengkeh, dan lada. Rempah-rempah ini dijadikan bubuk dan dicampur dengan kopi baru diseduh dengan air panas.
Kopi Arab yang paling terkenal rasanya hanya dijual di depan Masjid Merah Panjunan Cirebon dan hanya dijual saat bulan Ramadhan, tetapi jika anda ingin merasakannya diluar bulan Ramdhan, anda bisa datang ke Jl. Kartini di Cirebon. Di Jl. Kartini, Kopi Arab ini biasa disebut KOREM (Kopi Rempah). Campurannya juga lebih banyak dari Kopi Arab. Anda bisa menambahkan kayu manis, kapulaga, madu, atau telur. Untuk pemanisnya menggunakan gula batu. Harga dari Kopi Rempah ini hanya Rp. 8000.
Wisata kuliner yang sangat nikmat dan terjangkau, tetapi anda harus berhati-hati. Menurut beberapa orang, setelah meminum kopi ini, anda bisa tidak tertidur selama 3 hari dan tetap terasa segar bugar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar