Kamis, 08 Mei 2014

Peregangan Untuk Bayi

Perawatan Bayi Baru Lahir
Melakukan perawatan bayi dapat dilakukan dengan teknik pijat bayi baru lahir yang terdiri dari beberapa jenis salah satunya adalah latihan peregangan atau kelenturan badan bayi. Biasanya pada teknik ini melibatkan bagian tubuh seperti kaki dan tangan mengingat keduanya membutuhkan kelenturan. Namun teknik peregangan ini harus dilakukan degan ekstra hati-hati karena jika salah sedikit saja bisa menyebabkan bayi terkilir. Untuk itu ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu dengan cermat agar sesuai dengan anjurannya.


Yang akan saya jelaskan dalam kesempatan kali ini adalah teknik peregangan bagian kaki dan perut. Caranya terlentangkan bayi anda dengan lurus kemudian pegang kedua kakinya dengan lembut. Ingat sebelum melakukannya periksa bagian kuku tangan anda pastikan tidak panjang agar tidak melukai kulit bayi. Setelah itu tekuk bagian kaki secara perlahan sampai lututnya mengenai bagian perut. Lakukan teknik ini berulang-ulang dan bayi juga akan merasa senang jika cara yang anda lakukan benar.

Peregangan yang kedua masih dalam posisi terlentang, angkat bagian kaki ke atas menyerupai sikap lilin. Kemudian tekuk hingga bagian lututnya yang berdiri lalu pegang lututnya dan putar-putar perlahan. Teknik ini dapat melatih kelenturan bagian kaki bayi agar tidak kaku dan juga dapat merangsang pertumbuhannya. Seperti yang kita  ketahui jika bayi belum bisa melakukan banyak hal sehingga perlu ada perhatian dari kedua orang tua dan keluarga dekatnya.


Dengan melakukan pelatihan melalui teknik pijat bayi sejak dini dipercaya dapat membantu  melatih pergerakan bayi. Bayi akan cepat merespons apa yang diajarkan oleh kita karena daya ingatnya juga masih kuat. Yang terpenting dalam melakukan perawatan bayi baru lahir dengan pijatan pada bayi harus dengan penuh kelembutan dan kasih sayang. Dengan begitu bayi juga akan selalu merasa nyaman ketika berada di dekat orang tuanya terutama ibu yang senantiasa selalu merawatnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar