Minggu, 22 Januari 2017

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan


Ketika genap berusia 1 tahun maka pertumbuhan dan perkembangan bayi mulai menunjukan kemajuan yang signifikan dibandingkan bulan bulan sebelumnya. Kebahagiaan orang tua semakin sempurna bila mengetahui bayinya tumbuh secara normal dan sehat. Ulang tahun pertama memang menjadi sesuatu spesial yang patut untuk dirayakan.

Orang tua mana yang tidak merasa bahagia melihat tahapan pertumbuhan buah hatinya mulai dari dalam kandungan, bulan bulan pertama setelah dilahirkan hingga menginjak usia 1 tahun. Pada kesempatan sekarang ini, kita akan mengulas tanda pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 12 bulan. Silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Tanda Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 12 Bulan

Umumnya bayi usia 12 bulan sudah mulai mampu berdiri dan belajar berjalan. Peran serta orang tua sangat diperlukan dalam periode ini dimana bayi akan semakin cepat berjalan bilamana orang tuanya sering melatihnya berjalan dengan cara memegang kedua tangan bayi dari atas, lalu mendorong bayi untuk berjalan. Bayi juga bisa duduk dari posisi berdiri begitu juga sebaliknya tanpa bantuan, mungkin bayi akan berdiri dengan cara berpegangan pada benda benda sekitar.

Kemampuan verbal bayi usia 12 bulan yakni sudah bisa mengucapkan kata sederhana misalnya “mama, papa, mamam, mau” dan lainnya dan mengerti beberapa perkataan sederhana dari orang tuanya. Bayi terutama laki laki sangat tertarik dan mengikuti dengan cepat benda benda bergerak, mereka cenderung akan mengejar mainan seperti mobil mobilan sehingga hal tersebut menjadikan bayi laki laki lebih cepat berjalan.

Bayi juga mulai belajar kata kata yang diucapkan oleh orang tuanya dan mengulangi kata tersebut berulang kali. Bayi usia 12 bulan memahami perintah sederhana, mengenali nama nama objek sederhana yang ada disekitarnya. Bila anda punya hewan peliharaan misalnya kucing maka, bayi 12 bulan sering meniru suara kucing, anjing dan hewan peliharaan lainnya.

Bayi usia 12 bulan cukup aktif bergerak sehingga tubuhnya cepat kotor, begitu juga dengan pakaiannya. Ibu bisa menggunakan sabun Zwitsal setiap kali memandikan bayi, busa sabun dan shampo zwitsal sangat lembut dan tidak perih di mata sehingga aman bagi bayi. Demikianlah penjelasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi 12 bulan, semoga informasi diatas bermanfaat bagi setiap pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar