Selasa, 02 Februari 2016

Tips Memilih Jasa Konsultasi Keuangan Keluarga

Menggunakan jasa konsultasi keuangan keluarga memang menjadi pilihan bagi sebagian orang agar dapat mengatur finansial keluarga menjadi lebih baik dan maksimal. Namun untuk memilih seorang konsultan, tidak dapat dilakukan secara acak. Anda harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit untuk menggunakan jasa konsultan. Terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih jasa konsultan finansial.

Pertama adalah pilih jasa konsultasi seputar keuangan keluarga yang dapat Anda percaya dan memberikan kepercayaan yang berdasar kepada Anda. Maksudnya adalah pilih jasa konsultasi yang tidak hanya memberikan penawaran mengenai proses namun juga hasil konsultasi yang baik. Hal tersebut dikarenakan untuk dapat memberikan hasil konsultasi berdasarkan pada keadaan dan data keuangan yang Anda miliki, harus dilakukan secara terbuka dan akurat. Jika konsultan tidak mampu memberikan hasil yang transparan dan akurat, sebagai client, Anda akan sangat dirugikan karena salah perhitungan dalam keuangan dapat menimbulkan efek domino pada kebutuhan lainnya misalnya kebutuhan sekolah anak.

Kedua adalah pilih jasa yang independent atau berdiri sendiri dan memiliki banyak variasi jasa yang ditawarkan namun masih dalam lingkup finansial. Jika perusahaan atau jasa konsultasi tersebut independent maka menunjukkan bahwa jasa konsultasi tersebut setidaknya mampu bekerja secara profesional sehingga dapat memberikan penilaian secara objektif sesuai dengan keadaan dan kondisi Anda sebagai client. Jika jasa konsultasi tersebut memiliki variasi jasa, Anda dapat menggunakan atau memanfaatkannya untuk membantu Anda dalam mengurus masalah keuangan keluarga Anda.


  • Memiliki tim yang mampu bekerja secara profesional dan melakukan riset dengan baik. Kemampuan menganalisa dari suatu jasa konsultasi sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang akan diberikan kepada Anda sebagai client. Tim riset yang kuat dapat membantu Anda untuk menentukan dan menyusun rencana keuangan keluarga Anda misalnya untuk biaya pendidikan, tabungan, investasi hingga memberikan perkiraan kenaikan biaya sekolah per tahunnya.
  • Memiliki sertifikasi sebagai konsultan. Anda dapat mengecek apakah jasa tersebut memiliki CFP atau certified finansial planner. Dengan adanya sertifikasi, dapat dipastikan jika konsultan memiliki pengetahuan dan ahli dalam masalah finansial termasuk finansial keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar