Selasa, 29 Oktober 2013

Blueberry dan Kacang, Nutrisi Untuk Otak

Otak menjadi peran sentral dan pokok dalam sebuah sistem kerja tubuh. Otak inilah yang berfungsi menerima rangsang dan menerima rekasi dari yang ada disekitar manusia. Otak terus bekerja sepanjang hari dan tidak jarang otak akan mengalami kelelahan. Disaat itulah peran makanan sehat sangat berfungsi dalam proses pengembalian kinerja otak supaya kembali bekerja dengan optimal melalui nutrisi yang didapat dari makanana-makanan yang telah dikonsumsi. Vitamin dan antioksidan sangat dibutuhkan otak untuk melindunginya sedangkan otak butuh asam lemak untuk tetap menjaga performanya.

Antioksidan tinggi dari buah berry
Suatu penelitian menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi bluberry akan sangat bermanfaat dalam peningkatan kapasitas belajar, memori dan kemampuan motorik. Peningkatan neuron pada area amigdala di otak juga dihasilkan dari bluberry. Blueberry ini sangat kaya antioksidan yang mampu melindungi pembuluh darah dan otak dari stres yang biasanya dihasilkan dari radikal bebas. Vitamin E yang terdapat pada antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Konsumsi makanan sehat dari buah kaya oksidan memang baik untuk tubuh apalagi untuk perlindungan otak.
Performa otak ditunjang dari kacang dan biji-bijian
Dalam kacang dan biji-bijian ternyata mengandung sumber yang sangat baik untuk protein, mineral, vitamin E, lemak omega 6, dan beberapa asam amino penting. Tirosin yang terdapat pada labu dan wijen merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk pembentukan sintesis dopamine. Dopamine sendiri merupakan neutranmitter yang fungsinya mengatur mood dan mengkoordinasikan gerakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar