Jumat, 26 Februari 2016

Tips-Tips Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar Dan Mudah

Memandikan bayi merupakan hal yang dapat disebut mudah sekaligus juga bisa menjadi susah terutama bagi ibu-ibu muda yang baru mempunyai anak. Sehingga bagi mereka merasa bingung bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam memandikan bayi baru lahir. Padahal aktifitas memandikan bayi ini akan menjadi aktifitas rutin yang akan dilakukan oleh setiap ibu setiap pagi ataupun sore hari. Sehingga penguasaan terhadap tips-tips cara memandikan bayi baru lahir dengan benar dan mudah perlu dikuasai.

bayi baru lahir


Melakukan mandi bagi bayi yang baru  lahir selain bertujuan untuk membersiihkan tubuhnya juga bermanfaat untuk kesehatan bayi. Ini karena dalam memandikan akan ada usapan seperti pijatan lembut, pembersihan kotoran bayi, dan yang lainnya. Semua itu tentunya akan membuat ikatan kasih sayang antara ibu dan anakmenjadi semakin kuat. Oleh sebab itu sebagai persiapan anda nanti jika mempunyai anak berikut ini kami berikan tips-tips cara memandikan bayi dengan benar dan mudah.

1.    Sebelum memandikan persiapkan dulu tempat yang akan dipakai untuk mandi bayi. Anda dapat menggunakan bak mandi khusus bayi atau jika anda agak khawatir dengan keselamatan bayi anda dapat menggunakan permukaan yang datar seperti tempat tidur bayi yang telah dialasi dengan handuk atau perlak. Namun jika telah siap menggunakan bak mandi gunakan penyangga tubuh bayi supaya bayi tidak mudah tergelincir.

2.    Sipakan juga semua perlengkapan mandi bayi seperti shampo dan sabun khusus bayi, handuk, waslap, minyak telon, bedak, dan yang lainnya.

3.    Siapkan juga air hangat yang telah dimasukan dalam bak mandi, usahakan juga agar bayi jangan sampai kedinginan atau kepanasan dalam airnya.

4.    Jika telah lengkap, buka pakaian bayi untuk memandikannya.

5.    Basahilah waslap dengan air hangat lalu mulailah membersihkan tubuhnya dari atas, mulai dari mata, hidung, wajah, sampai keseluruh tubuh bagian bawahnya. Sebagai tips dalam membersihkan wajahnya, anda dapat memulainya terlebih dahulu pada permukaan yang datar, setelah itu baru meletakan bayi pada bak mandi untuk membersihkan bagian tubuhnya yang lain.

6.    Saat anda akan membersihkan kepala bayi untuk dikeramas, anda dapat meletakan kepala dan bahu bayi pada lengan sambil memegang lengan bayi di bawah ketiaknya. Lakukan hal ini dengan hati-hati dan usahakan shampo bayi tidak masuk ke mata.

7.    Setelah semua selesai dibersihkan bilas sisa sabun yang masih menempel pada tubuh bayi.

8.    Setelah itu angkat bayi dari bak mandi, lalu keringkan tubuhnya dengan handuk yang telah disiapkan. Lalu anda dapat memakaikannya minyak telon dan juga bedak, lalu pakaikan baju dan popok sesegera mungkin supaya bayi tidak kedinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar