Senin, 04 Januari 2016

Stimulasi Bayi Agar Ia Cerdas

Para orang tua pasti mendambakan anak yang ia besarkan tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang cerdas. Untuk itulah para orang tua harus memperhatikan pertumbuhan intelektual atau kognitif si kecil dari ia bayi. Perkembangan inilah yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan, pembentukan mental si kecil, penyelesaian masalah dan semua aktivitas otak lainnya. Karena semuanya berkaitan dengan otak, perkembangan intelektual ini sering sekali dikaitkan dengan kercerdasan. Pada bayi yang berusia 0 hingga 12 bulan, perkembangan intelektual dapat diperoleh dari stimulasi bayi dan interaksi dengan lingkungan yang ada di sekitar si kecil. Oleh karena itu, pada saat inilah peran orang tua sangat dibutuhkan.
 
stimulasi bayi
 

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk merangsang perkembangan intelektual si kecil yang berusia 0 hingga 12 bulan dengan cara stimulasi bayi ?. Berikut adalah stimulasi yang perlu anda berikan kepada si kecil.

1.    Di bulan awal, berikan stimulasi yang bersifat sensoris. Stimulasi ini dikhususkan pada bayi yang berusia 0 hingga 6  bulan. Pada bayi yang berusia tersebut, pemahaman akan suatu hal berawal dari kemampuan sensorisnya yang berasal dari pancainderanya, yaitu peraba, perasa, pendengaran, pelihat dan penciuman. Stimulasi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan Baby Spa Zwitsal, karena stimulasi tersebut memiliki kegiatan yang mengaitkan kelima indera si kecil sekaligus.

2. Responlah si kecil ketika ia sedang mencoba untuk berbicara seperti berbunyi “aaaaaa…aaaa.aaaaa” dan lain sebagainya. Dengan anda merespon hal tersebut dapat membuat si kecil merasa diperhatikan dan dapat menguatkan pemahamannya akan suatu hal yang sedang ia pikirkan.

3.   Selalu ajaklah si kecil untuk berkomunikasi, walaupun ia belum mengerti bahasa yang anda ucapkan, tetapi hal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan intelektualnya. Selain itu, si kecil sangat membutuhkan interaksi dari orang tuanya maupun orang lain. Contoh yang paling mudah adalah ketika anda member ASI kepada si kecil, maka jangan diam saja lakukan kegiatan komunikasi ataupun menyanyikan sebuah lagu untuknya dan pastikan wajah anda terlalu terlihat ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar