Sabtu, 22 Februari 2014

Pengaruh Teknologi Untuk Pendidikan Anak

Peran Teknologi Informasi Bagi Anak


Fenomena Teknologi Informasi - Sering sekali kita melihat anak anak balita sekarang ini sangat lihai memainkan smartphone atau perangkat teknologi lainnya yang dimiliki oleh orang tuanya. Bahkan jika diberikan handphone, laptop, tablet pc, mainan pun mereka terkadang menangis karena menginginkan barang yang aslinya. Hal tersebut membuat bingung orang tuanya jika terlalu lama menggunakan perangkat keras tersebut.

Namun jika kita sebagai orang tua cukup cerdas memahami kondisi tersebut, si anak sebenarnya sangat penasaran untuk mengeksplorasi setiap objek-objek menarik yang ada di dalamnya. Salah satu hal yang membuat menarik anak diantaranya adalah aplikasi games. Games memiliki daya tarik tersendiri bagi anak, mengapa? karena pada dasarnya komposisi tampilan pada aplikasi tersebut memang dirancang semenarik mungkin dengan beragam jenis warna yang menarik perhatian.

Pendidikan Anak Melalui Teknologi

Saat ini pengaruh aplikasi - aplikasi komputer khususnya games masih menjadi perdebatan bagi perkembangan anak. Memang banyak yang menganggap bahwa teknologi informasi yang terdapat dalam aplikasi games tersebut secara simultan dapat membuat anak kecanduan. Bahkan akan membuat anak menjadi lupa untuk belajar. Akan tetapi ada juga yang beranggapan bahwa ketika seorang anak berhadapan dengan sebuah aplikasi atau game, sebetulnya mereka juga sedang berpikir apa saja fungsi - fungsi yang ada didepan mata mereka. Hal tersebut juga secara tak langsung merangsang anak untuk mencari tahu dan mengeksplorasi lebih jauh.

Kembali ke peranan penting teknologi informasi bagi perkembangan anak. Semua fungsi dan peran teknologi informasi pasti akan selalu ada dampak baik dan buruknya. Akhirnya kondisi ini akan tergantung kita sendiri untuk memilah dan memilih tujuan kita menggunakan peralatan teknologi informasi. Akan tetapi alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua dapat selalu memantau putra putrinya masing-masing sejak balita dalam berinteraksi dengan teknologi informasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar