Minggu, 10 November 2013

Tips Mudah Cegah Gangguan Gingvitis

Gingvitis merupakan istilah medis untuk menyebutkan penyakit berupa gusi berdarah. Penyebab gingvitis sendiri ada bermacam-macam diantaranya kurangnya asupan vitamin C, kalsium, dan juga air putih. Selain itu kealahan-kesalahan yang sering terjadi saat menyikat gigi juga dapat menjadi penyebab utama munculnya gingvitis. Misalnya intensitas gosok gigi yang kurang. Idealnya dalam sehari minimal kita disarankan untuk menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari untu menjaga kondisi gusi dan gigi agar tetap sehat. Konsumsi makanan yang berbahan tepung dan juga gandum ternyata juga memicu terjadinya gingvitis,
oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengurangi makanan-makanan tersebut.
Mengatasi gingvitis dapat dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menggosok gigi secara benar dan teratur setiap hari terutama jika anda selesai makan. Memakai obat kumur setelah menggosok gigi memang baik, namun obat kumur berbahan kimia dan mengandung alkohol sangat tidak dianjurkan karena akan mengubah warna dasar gigi dan juga merusak jaringan pada gigi dan gusi. Gunakan obat kumur tanpa alkohol atau berkumurlah dengan air putih hangat yang dicampur 1 sendok garam atau 1 sendok perasan lemon untuk menjaga kesegaran dan kesehatan rongga mulut anda.
Cara lain untuk mengatasi gingvitis ialah dengan meperhatikan kondisi sikat gigi dan pasta gigi yang anda gunakan. Pasta gigi yang dianjurkan ialah pasta gigi herbal dan steril, sedangkan sikat gigi yang disarankan ialah sikat gigi dengan bulu sikat yang tidak melukai gusi dan gigi atau bulu sikat lembut. Usahakan meletakkan sikat gigi di tempat yang bersih dan tidak menempel pada sikat gigi anggota keluarga yang lain untuk mengindari pertumbuhan jamur dan bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar