Jumat, 19 Juni 2015

Beberapa Fase Pertumbuhan pada Anak yang Perlu Mendapat Perhatian

Memiliki seorang buah hati kemudian selalu mengikuti setiap tahap perkembangan bayi kita tersebut, tentu menjadi keinginan para orang tua. Tahap atau fase dari seorang anak yang baru lahir hingga memasuki masa dewasa, memang sangat menarik untuk kita bahas. Selalu ada topik menarik dan juga kejadian menarik yang dimunculkan para bayi tersebut sehingga membuat kita semakin sayang kepadanya. Hal ini juga yang akhirnya membuat hubungan antara orang tua dengan anak akan semakin erat dan kuat.


Sebagai seorang ibu atau ayah, maka wajib untuk mengetahui setiap tahap perkembangan pada bayi, agar tahu bagaimana harus bersikap dan memberikan pengawasan terhadap mereka. Berikut beberapa tahap pertumbuhan pada bayi yang harus jadi perhatian:

  • 1-12 bulan, merupakan masa pengenalan dan pembentukan pola sikap serta perilaku pada anak, membiasakan interaksi secara positif dengan mereka maka sikap positif akan melekat pada mereka,
  • 1-5 tahun, masa perkembangan inteligensi anak. Memberikan kegiatan sesuai kesukaannya serta memberi pengetahuan yang cukup pada mereka akan membuat otak beraktivitas dengan baik.

Pertumbuhan setelah masa 6 tahun, anak hanya memerlukan sedikit polesan dari orang tua mengenai kebiasaan dan tingkah laku yang positif. Lebih banyak mencontohkan sebuah tindakan daripada hanya berbicara lisan, bisa memberikan sebuah pembelajaran yang efektif sehingga mereka bisa meniru segala sifat dan perbuatan baik yang biasa kita lakukan. Jadi sebagai orang tua, lebih perhatikanlah tahap perkembangan bayi di awal kelahiran agar bisa membentuk pribadi yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar